Search

Akhir Aksi Pimpinan Sekte Penghapus Utang UN Swissindo

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus telah menangkap Sino Notonegoro, pimpinan United Nation Swissindo Trust Internasional Orbit (UN Swissindo) atau Sekte Penghapus Utang pada Kamis (2/8/2018) lalu. Pimpinan UN Swissindo ini ditangkap lantaran telah melakukan tindak pidana membuat dan menggunakan sertifikat Bank Indonesia palsu.

Wadir Tipid Eksus Bareskrim Polri Kombes Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, Sino ditangkap di kediamannya di Jalan Boegenvil 3 Blok K 1 s.d 4 No. 24, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

"Saat penangkapan, kita temukan uang palsu dalam bentuk US Dolar dan Singapore," kata Daniel di Kantor Bareskrim Polri di gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/8).

Daniel menjelaskan, sertifikat Bank Indonesia palsu itu ia buat agar konsumennya dapat terbebas dari utang. Lalu, cara untuk mengajukan program pelunasan beban utang salah satunya yakni dengan cara menyerahkan fotocopy KTP yang bersangkutan.

"Terus alamat bank debitur yang mengajukan, nominal utang, nomor handphone debitur, nomor kontak utang, uang administrasi yang bervariasi Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu," jelasnya.

Namun, apabila debitur ingin mengurus sendiri dokumen Surat Pembebasan Utang (SPBU), maka pengurus hanya memberikan contohnya saja dan itu tak ada pungutan biaya.

Selain mempunyai program pelunasan beban utang, UN Swissindo juga memiliki program tunjangan hidup atau program jaminan hidup per e-KTP dengan jumlah USD 1.200 dengan kurs dollar Rp 13 ribu. Apabila dirupiahkan menjadi Rp 15.600.000, setiap bulannya selama seumur hidup.

"Cara untuk mengajukan programnya itu dengan cara mengisi blanko voucher M1, menyerahkan pas foto 3x4 warna, fotocopy KTP dan membayar untuk biaya cetak/print," terangnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Mr2dow

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhir Aksi Pimpinan Sekte Penghapus Utang UN Swissindo"

Post a Comment

Powered by Blogger.