Search

[Cek Fakta] Gempa dengan Kekuatan hingga 8 SR Mengancam Jawa Barat?

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian gempa bumi yang menimpa Lombok akhir-akhir ini meningkatkan kewaspadaan masyarakat di seluruh Indonesia.

Apalagi, Indonesia berada di lingkaran 'cincin api Pasifik' atau Pacific Ring of Fire dan daerah kedua yang paling aktif di dunia -- sabuk Alpide. Terjepit di antara 2 wilayah kegempaan berarti, Tanah Air menjadi lokasi sejumlah letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Jawa Barat termasuk dalam salah satu daerah rawan gempa bumi. Berdasarkan katalog gempa bumi merusak yang diterbitkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, terdapat beberapa kejadian gempa bumi yang merusak di wilayah Jawa Barat, termasuk kejadian gempa bumi Tasikmalaya yang terjadi pada akhir tahun 2017.

Klaim

Pada Selasa pagi (14/8/2018), program televisi iNews Pagi menyiarkan berita mengenai potensi gempa di Jawa Barat yang bisa mencapai 8.0 SR.

Dalam siaran tersebut, dikatakan PVMBG mewaspadai terjadinya gempa dengan kekuatan skala besar di Pulau Jawa dalam beberapa waktu ke depan.

Berita tersebut lalu menampilkan ilustrasi peta Jawa Barat dan menjelaskan tentang Sesar Cimandiri yang melingkupi Sukabumi, Cianjur, hingga wilayah Bandung Barat.

"Jika sesar Cimandiri bergerak, maka akan berpotensi memicu gempa bumi hingga magnitudo 8 SR," tutur seorang pembawa berita diiringi musik yang menegangkan.

Lalu ditampilkan Kepala PVMBG Kasbani yang memberikan pernyataan mengenai potensi gempa di Jawa Barat.

"MMI ya? Kalau MMI bisa sampai 8. Di Jawa ini banyak sesar-sesar, jadi ya itu yang berpotensi menyebabkan gempa bumi," jelasnya dalam berita tersebut.

Rekaman berita tersebut pun ramai disebarkan di jejaring media sosial. Akibat pemberitaan ini, tak sedikit masyarakat yang resah, terutama mereka yang tinggal di Jawa Barat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2PeZr4h

Bagikan Berita Ini

0 Response to "[Cek Fakta] Gempa dengan Kekuatan hingga 8 SR Mengancam Jawa Barat?"

Post a Comment

Powered by Blogger.