Search

Keren, Bahasa Indonesia Kian Populer di India

Lestyani Yuniarsih memaparkan, kurikulum yang digunakan dalam program pembelajaran BIPA di KBRI di New Delhi mengacu pada kurikulum dari Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.

Kurikulum tersebut membagi pemelajar ke dalam enam level, yakni level A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. "Siswa level 1 berada pada level A1, siswa level 2 berada pada level A2, siswa level 3 berada pada level B1, siswa level 4 berada pada level B2, siswa level 5 berada pada level C1, dan siswa level 6 berada pada level C2," imbuh dia.

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran BIPA di KBRI New Delhi adalah pendekatan komunikatif. Selain pembelajaran di kelas, praktik pembelajaran juga dilakukan di luar kelas.

Kegiatan tersebut dapat dilihat melalui kegiatan menonton film, kelas berbicara, dan lainnya. "Semua ini dapat menunjang proses pembelajaran, sehingga pembelajar mendapatkan waktu dan ruang untuk mempraktikkan materi Bahasa Indonesia yang telah diterima dan dipelajarinya di kelas," tutur Lestyani.

Peserta dari JNU Paling Banyak 

Sekadar informasi, JNU merupakan universitas yang paling banyak menyumbangkan mahasiswanya untuk belajar Bahasa Indonesia di KBRI. Ada beberapa di antara mereka yang telah belajar Bahasa Indonesia selama setahun di JNU pada program Certificate of Practice (COP).

Selain COP ada program lainnya yang diselenggarakan di JNU, yakni Diploma of Practice (DOP). Setelah mahasiswa mendapatkan sertifikat COP, mereka dapat melanjutkan lagi belajar bahasa Indonesia selama setahun di DOP.

Pembelajar BIPA di KBRI New Delhi yang telah menyelesaikan program COP dari JNU tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia di KBRI. "Karena mereka ingin belajar Bahasa Indonesia dari pengajar orang Indonesia asli," kata Lestyani.

Kini, sebanyak 86 orang telah mendaftar sebagai siswa BIPA baru untuk batch September hingga Desember 2018. Mengingat keterbatasan ruang kelas dan fasilitas lainnya, maka siswa akan dibagi ke dalam beberapa kelas dengan waktu pengajaran yang berbeda, sehingga semua siswa dapat terfasilitasi.

"Diharapkan para siswa BIPA ini nantinya berperan menjadi Duta Indonesia yang memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada khalayak India untuk ikut mendorong peningkatan hubungan bilateral kedua bangsa," ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI New Delhi tersebut.

Simak video pilihan berikut ini:

Video wawancara yang diunduh dari akun Facebook Jacksen Tiago memperlihatkan bagaimana eks pelatih Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia makin fasih berkomunikasi dengan bahasa Melayu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2OHQ77W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Keren, Bahasa Indonesia Kian Populer di India"

Post a Comment

Powered by Blogger.