Search

Tari Seudati Aceh Buka Asian Games 2018, Apa Maknanya?

Liputan6.com, Jakarta Tari Seudati Aceh menjadi pembuka dalam perhelatan Opening Ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) seusai Presiden Jokowi sampai di lokasi dan menyalami para tamu.

Diperagakan oleh ribuan penari, Tari Seudati dari Provinsi Aceh yang dimainkan menandakan semangat dan gairah yang ingin dibawa dalam perhelatan akbar Asian Games 2018. Seudati berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi/bersaksi/pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Tarian ini juga termasuk kategori Tribal War Dance atau Tari Perang, yang syairnya selalu membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk bangkit dan melawan penjajahan. Oleh sebab itu tarian ini sempat dilarang pada zaman penjajahan Belanda, tetapi sekarang tarian ini diperbolehkan kembali dan menjadi Kesenian Nasional Indonesia.

Bukan Tarian

Pada mulanya Seudati atau yang juga dikenal Saman bukanlah sebuah tarian, tetapi suatu ritus upacara agama dan dilaksanakan sambil duduk. Dikutip dari sebuah tulisan berjudul “The Atlantic Monthly” pada Juni 1956, disebutkan bahwa tarian ini menggambarkan hidup dan semangat.

Biasanya dimainkan oleh 8 -10 pemuda meski kata aslinya berarti delapan. Gerakan diringi dengan nyanyian seorang pemuda sedangkan yang lain mengadakan formasi liku-liku rupa lompat kedepan, samping, dan belakang, sejalan dengan irama nyanyian dan deripan bunyi ibu jari tengah serta pukulan dada mereka dengan telapak tangan mereka

Tari ini persinya berasal dari Aceh Pidie. Awalnya dikembangkan di desa Gigieng, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, yang dipimpin oleh Syeh Tam. Kemudian berkembang ke desa Didoh, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie yang dipimpin oleh Syeh Ali Didoh.

Salah satu ciri tarian Seudati merupakan tarian yang dapat dipertandingkan. Pertandingan tersebut merupakan faktor pendorong bagi kampung-kampung untuk menghidupkan kesenian ini di tempat asalnya. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2OHAOw3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tari Seudati Aceh Buka Asian Games 2018, Apa Maknanya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.