Search

China Beri Bantuan Kemanusiaan Rp 1,45 Miliar untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Liputan6.com, Jakarta - Melalui kedutaan besarnya yang ada di Jakarta, pemerintah China menyampaikan bantuan dana sebesar US$ 100 ribu atau setara Rp 1,45 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Bantuan ini merupakan dana kemanusiaan yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu para korban yang tertimpa musibah tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu.

Menurut keterangan pers dari Kedutaan Besar China yang diterima oleh Liputan6.com pada Sabtu (29/12/2018), dana kemanusiaan ini disampaikan oleh Minister Counselor Kedubes China, Sun Weide kepada Sekretaris Jenderal PMI Ritola Tasmaya.

"Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember malam menyebabkan banyak korban meninggal dunia serta luka. Bahkan, kerugian harta benda diakibatkan oleh bencana ini," ujar Sun Weide.

"Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping telah mengirim surat kepada Presiden RI Joko Widodo. Presiden Xi menyampaikan belasungkawa mendalam dan simpati kepada keluarga korban," tambahnya.

"Pemerintah China yakin di bawa kepemimpinan Jokowi Indonesia akan mampu mengatasi kesulitan dan membangun kembali tempat tinggal mereka."

Dalam pernyataannya, Sun Weide juga menjelaskan bahwa Indonesia adalah sahabat China. Ketika Indonesia membutuhkan bantuan maka China akan selalu ada.

"Atas nama pemerintah China, saya menyampaikan bantuan kemanusiaan ini," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Ritola berterima kasih kepada pihak China yang telah memberikan bantuan tersebut.

"China adalah negara pertama yang memberikan bantuan kemanusiaan terkait tsunami Selat Sunda melalui PMI," jelas Ritola.

"Indonesia telah mengalami beberapa bencana alam di tahun 2018. Termasuk gempa Lombok dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah," tambahnya.

"China selalu menawarkan bantuan tepat waktu. Bantuan kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda ini merupakan gambaran hubungan persahabatan yang baik antara China dan Indonesia."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tsunami Selat Sunda datang dalam senyap. Tak didahului gempa sebagaimana fenomena bencana tsunami yang diketahui awam, bencana ini menelan korban hingga lebih dari 400 jiwa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2AlDUkB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Beri Bantuan Kemanusiaan Rp 1,45 Miliar untuk Korban Tsunami Selat Sunda"

Post a Comment

Powered by Blogger.