Search

Daihatsu Terios R Deluxe vs Honda BR-V Prestige, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan segmen yang menggiurkan pagi pabrikan otomotif. Tak heran jika semua pemain di segmen ini memiliki produk unggulannya masing-masing. Salah satunya, Daihatsu, yang kini semakin percaya diri dengan all new Daihatsu Terios.

Di satu sisi, pesaingnya sudah menunggu. Honda BR-V masih bertahan dengan model lamanya dengan sedikit penyegaran. Keduanya memiliki kelengkapan khas SUV, yang mampu menggoda konsumen. Lantas jika dibandingkan, kira-kira mobil mana lebih menarik dipinang? Kali ini kami menjabarkan perbandingan varian tertinggi keduanya, Daihatsu Terios R Deluxe dan Honda BR-V Prestige.

Dimensi

Dua SUV ini punya dimensi dan bobot sangat berbeda. Kalau dilihat kasat mata, BR-V terlihat lebih pendek dan rendah daripada Terios. Menariknya, Terios terbaru yang terlihat bongsor justru kalah lebar. Benar saja, secara data panjang BR-V 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Sedangkan Terios memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm.

Jarak sumbu roda Terios jenjangnya lebih dari BR-V. Tak banyak, Terios jaraknya 2.685 mm, BR-V punya sumbu roda 2.662 mm. Hal ini mempengaruhi kestabilan pengendalian. Walau begitu, BR-V punya ground clearance kalah jangkung dari Terios, 201 mm. Bedanya dengan Terios mencapai 19 mm (tepatnya 220 mm). Artinya Terios lebih meyakinkan untuk melibas berbagai kondisi jalan tanpa perlu takut mengenai kolong bodi. Sementara BR-V bisa melesat lebih baik, lantaran aliran udara di bawah tak begitu besar, sehingga mobil lebih melekat ke tanah. Apalagi ditambah bobotnya yang hanya 1.222 kg, terpaut jauh dari Terios yang punya berat 1.270 kg.

Desain

Bicara tentang desain, sangat dipengaruhi selera individu. Keduanya punya fisik macho dengan banyak garis detail bodi yang dinamis. Seolah menantang pengemudi untuk mengajaknya melintasi berbagai macam kondisi jalan.

Ragam fitur dan aksesori disematkan pada BR-V Prestige, seperti: muffler tip, tailgate dan grille beraksen krom, lampu proyektor dengan LED Light Guide, fog lamp, kaca spion elektrik dan shark fin antenna. Sama halnya dengan desain Terios R Deluxe. Pewarnaan krom tersebar di beberapa aksesori seperti: muffler tip, lis jendela samping dan belakang, grille dan bezel fog lamp, serta penambahan side stone guard ornament.

Meski begitu, teknologi LED sudah mencakup semua lampu baik di depan, belakang dan samping Terios. Begitu pula sektor kaki-kaki, Terios varian R Deluxe mengusung pelek 17 inci berdesain tegas dan sederhana, ditambah perpaduan krom dan hitam. Pelek BR-V Prestige berukuran 16 inci dengan desain lebih kompleks.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Bu6aBo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daihatsu Terios R Deluxe vs Honda BR-V Prestige, Pilih Mana?"

Post a Comment

Powered by Blogger.