Search

Ini Penyebab Ketegangan Antara Etnis Uighur dan China ==DOBEL==

Liputan6.com, Jakarta - Suku Uighur merupakan salah satu suku minoritas yang ada di China dan penduduknya rara-rata beragama Islam. Seperti halnya etnis Rohingya di Myanmar, suku ini juga mengalami diskriminasi di negaranya. Tapi, siapa suku Uighur?

Secara kultural dekat dengan bangsa Turk daripada mayoritas bangsa Han. Awal abad ke-20 menjadi awal munculnya suku Uighur. Mereka lalu mendeklarasikan kemerdekaan dengan nama Turkestan Timur. Ini bisa menjadi penyebab mengapa muslim Uighur dekat dengan bangsa Turk.

Dilansir dari Global Voices, kecurigaaan Beijing terhadap etnis Uighur atau orang-orang Muslim Uighur berakar sejak dua abad lalu. Inilah penyebab kecurigaan itu:

1. Pemeritah China Curiga Etnis Uighur Pemberontak

Nasib malang suku Uighur berawal saat perang dunia pecah. Saat itu warga Xinjiang, termasuk Uighur, berusaha bergabung dengan Soviet.

Namun, usaha mereka tak berhasil karena pasukan nasionalis kiriman Beijing akhirnya kembali memaksa warga Uighur bertahan dalam wilayah kedaulatan RRC pada 1949.

Sejak itu, warga Uighur dicap punya kecenderungan 'memberontak' oleh petinggi di Beijing. Kebijakan ekonomi China yang mengutamakan etnis Han makin memperburuk suasana.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2BsS9DR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Ketegangan Antara Etnis Uighur dan China ==DOBEL=="

Post a Comment

Powered by Blogger.