Search

Sosok Katherine Bouman, Wanita di Balik Foto Black Hole Pertama Dalam Sejarah

Katherine berkutat dengan algoritma selama hampir 6 tahun sejak Ia mendapat gelar sarjana di Institut Teknologi Massachusetts.

Pengalaman ini amat sangat mendebarkan. Tujuan kami adalah melihat benda yang sebelumnya dianggap tidak mungkin bisa terlihat. Di mana ukurannya sekitar ukuran rona merah pada bulan,” Katherine mengimbuhkan.

Peran Katherine dalam proyek besar ini adalah membantu mengembangkan algoritma yang disebut Event Horizon Telescope (EHT). Ia bertugas menunjukkan cahaya, material, atau energi jenis apa yang terjebak dalam kepadatan Black Hole yang tak bisa dijabarkan itu. Di mana segala macam bentuk benda akan terjebak selamanya di sana.

Dia adalah salah satu dari banyaknya ilmuwan komputer yang menggunakan algoritma untuk memproses data yang dikumpulkan dari EHT. Katherine mengungkapkan bahwa para ilmuwan dalam setiap tim tidak pernah membagikan data yang mereka dapatkan. Bahkan, mereka tidak memberi tahu keluarga mereka sekalipun.

Namun, pada musim panas lalu, para ilmuwan yang bekerja dalam proyek tersebut akhirnya membocorkan penemuan satu sama lain. Mereka bertemu dalam Black Hole Initiative untuk membagikan penemuan masing-masing.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2Z7jYMS

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sosok Katherine Bouman, Wanita di Balik Foto Black Hole Pertama Dalam Sejarah"

Post a Comment

Powered by Blogger.