Search

Gulai Kambing, Menu Buka Puasa Favorit di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Sebelum tiba waktu berbuka dan menyantap hidangan menarik itu, masyarakat biasanya sudah mulai berdatangan sejak pukul 16.00 WIB. Pada pukul 17.00 WIB, serambi masjid sudah dipenuhi masyarakat yang datang dari berbagai daerah untuk mengikuti pengajian menjelang buka puasa.

Selain jemaah dari kalangan umat Muslim, tidak jarang masyarakat dari latar belakang berbeda turut menghadiri acara buka bersama secara gratis di masjid tersebut.

Menu buka puasa yang akan dihidangkan berjumlah antara 1.400-2.000 bungkus setiap hari. Selain gulai kambing, aneka menu tradisional lain juga disajikan pada kesempatan tersebut, yakni brongkos, asem-asem ayam, sambal goreng krecek, serta opor ayam.

Seluruh hidangan takjil di Masjid Gedhe Kauman merupakan murni hasil gotong royong atau sumbangan dari masyarakat. Pada Ramadan tahun ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong berdonasi hingga terkumpul dana dengan total Rp 650 juta.

Jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, pada 2009 sumbangan donatur mencapai Rp 130 juta dan pada 2010 terus meningkat jadi Rp 170 juta.

Selain keperluan takjil, dana dari sumbangan yang terkumpul dari masyarakat tersebut juga digunakan untuk membiayai beragam keperluan ragam kegiatan Ramadan lain di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta itu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2PRjVkb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gulai Kambing, Menu Buka Puasa Favorit di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.