Search

Pembelaan Kivlan Soal Pekik 'Merdeka' yang Dituding Suarakan Makar

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Staf Kostrad ABRI, Kivlan Zen mengaku terikan "merdeka" dirinya dalam sebuah video yang viral beberapa waktu lalu bukan ajakan untuk makar. Menurutnya hal itu adalah manifestasi dari hak untuk mengemukakan pendapat.

"Jadi merdeka untuk memberikan pendapat bukan merdeka untuk mendirikan negara. Saya ingin merdeka mendirikan negara dengan undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 (tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum) yang saya perjuangkan tahun 1998," kata Kivlan Zen saat hendak menjalani pemeriksaan dirinya sebagai saksi atas dugaan kasus makar, Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Menurut Kivlan, dalam video yang viral tersebut, dia berada di sana hanyalah sebagai undangan dan bukan inisator pertemuan.

"Panitianya bukan saya, saya kan hanya bicara bukan sebagai seseorang yang inisiator, saya hanya berbicara saja bukan inisiator unjuk rasa itu," tuturnya.

Bahkan menurutnya, klaim makar terhadap dirinya tidak berdasar. Ia merasa sudah memberitahukan ihwal unjuk rasa tersebut kepada polisi.

"Sudah ada pemberitahuan ke polisi soal unjuk rasa itu kok. Bukti-buktinya sudah diberitahukan ke Polda dan Polres, ya saya bicara. Masa bicara juga tidak boleh. Apa buktinya makar? Kan itu semua kebebasan dan keadilan kalau dituduh makar ya runtuhlah dunia ini," tegas Kivlan.

Kivlan Zen menganggap, perbuatan makar ialah merubah bentuk pemerintahan dengan cara-cara kekerasan, yaitu dengan menggunakan senjata. Menurutnya, tuduhan makar terhadap dirinya begitu tidak beralasan.

Apa yang dilakukannya selama ini, menurutnya bukanlah sebuah tindakan makar. Karena prasyarat makar adalah adanya kekerasan dengan menggunakan senjata.

"Makar itu (Pasal) 106 UU Pidana, barang siapa yang melakukan upaya untuk merubah pemerintahan dengan cara memakai senjata, loh wong senjata saya mulut, masa dibilang makar," kata Kivlan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2Q02Ogg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembelaan Kivlan Soal Pekik 'Merdeka' yang Dituding Suarakan Makar"

Post a Comment

Powered by Blogger.