Search

Suzuki Ertiga Adopsi Mesin Diesel Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Ertiga di India mengusung mesin baru yakni Diesel 1.5 liter. Jantung mekanis yang juga digunakan oleh Ciaz facelift ini menggantikan mesin sebelumnya, 1.3 liter.

Tak perlu menunggu lama untuk singgah di Ertiga generasi kedua. Apa yang ditawarkan lebih baik dari mesin Multijet. Terutama soal performa dan efisiensi.

Jadi mesin diesel 1,5-liter yang dipakai, hasil pengembangan Maruti Suzuki sendiri. Tidak lagi mengandalkan mesin milik Fiat Multijet D13A yang dikabarkan sudah berhenti masa edarnya. Kini memakai kode terbaru E15A.

Strukturnya sama seperti mesin diesel 2-silinder di Celerio. Panjang bore tetap 77 mm dengan pengurangan stroke jadi 80,5 mm, tapi kubikasi ditambah ke 1.489 cc. Masih masuk dalam keuntungan pajak kategori di bawah 1.500 cc.

Blok silinder terbuat dari alumunium, lebih ringan dari mesin 1.3 Multijet yang memakai kepala silinder besi. Menurut Maruti, mesin anyar ini mendapat banyak keunggulan, dari blok mesin yang lebih solid, ruang pembakaran didesain ulang, revisi pada katup, intake dan exhaust manifold baru serta dual-mass flywheel.

Rahasia berikutnya, mensetting rasio kompresi lebih rendah. Normal untuk diesel berkisar 17-18:1, tapi di E15A cukup 15,9:1. Ini berakibat pembakaran yang lebih efektif dan halus, sekaligus mengurangi kebisingan.

Efek penting lain membuat suhu pembakaran lebih rendah, sehingga tercipta emisi gas buang lebih bersih. Standar emisi gas buang BS-IV sudah terpenuhi, tapi bisa diupgrade ke taraf selanjutnya, BS-VI.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/304hkrZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suzuki Ertiga Adopsi Mesin Diesel Terbaru"

Post a Comment

Powered by Blogger.