Search

Gaet Lebih Banyak Wisman, Pemerintah Bakal Revisi Aturan Tax Refund

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana merevisi sistem pengembalian pajak (tax refund) untuk wisatawan mancanagera (wisman). Hal ini dalam rangka menggenjot pertumbuhan pariwisata di dalam negeri.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, selama ini salah satu faktor yang membuat Indonesia kalah dengan negara lain dalam sektor pariwisata terkait tax refund.

Kemudahan dalam mengurus tax refund dinilai menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke suatu negara.

"Jadi kita sudah berlaku tax refund itu 10 persen kembalikan. Namun 1 bon Rp 5 juta (baru bisa mendapatkan tax refund). Padahal di negara pesaing itu setara dengan Rp 1 juta (dalam satu bon). Contoh di Singapura, 100 dolar Singapura sudah boleh (refund)," ujar dia di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Hal ini, lanjut dia, yang membuat Indonesia kalah bersaing dengan negara lain, seperti Singapura dalam menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

"Sehingga kita kurang kompetitif. Kita inginkan atau industri mengusulkan. Sehingga nanti kita bisa jadi surga belanja dari pada devisa kita keluar ke lain, mending orang asing yang datang ke Indonesia untuk belanja," jelas dia.

Menurut Arief, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membahas ini. Dia berharap revisi ini bisa segera selesai sehingga bisa lebih cepat menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.

‎‎"Kita terus dengan Kemenkeu. Terakhir Kemenkeu untuk SOP diharapkan bulan ini selesai. Lalu dari (total belanja) Rp 5 juta optimis, Rp 10 juta agak susah karena ada di UU. Yang mungkin dilakukan adalah dengan Perpu. Atau Rp 5 juta itu ditotal, tidak dalam satu bon. Kalau dalam satu bon kita sudah kalah dengan negara lain," tandas dia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Pfzf9x

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gaet Lebih Banyak Wisman, Pemerintah Bakal Revisi Aturan Tax Refund"

Post a Comment

Powered by Blogger.