Search

Mirip Jailangkung, 8 Permainan Ini Konon Bisa Memanggil Hantu

Liputan6.com, Jakarta - Sewaktu kecil dulu, biasanya orang-orang suka mendengarkan dongeng yang dikisahkan oleh nenek mereka menjelang tidur. Entah mengapa, anak-anak begitu tertarik dan penasaran dengan cerita yang dituturkan neneknya.

Berbagai macam genre diceritakan, mulai dari negeri khayalan, legenda, mitos, jenaka, hingga horor. Meski tak banyak anak kecil yang menyukai kisah menyeramkan, namun beberapa di antara mereka mengaku tidak takut dengan cerita-cerita hantu.

Salah satu permainan tradisional khas Nusantara yang sarat akan nuansa horor adalah jailangkung. Pada zaman dahulu kala, jailangkung umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil entitas supernatural.

Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus yang dipanggil dalam permainan jailangkung adalah sebuah gayung air, biasanya terbuat dari tempurung kelapa yang dipakaikan baju dan bergagang batang kayu.

Karena sifatnya yang berupa ritual untuk memanggil dan berkomunikasi dengan makhluk halus, permainan jailangkung kemudian berkembang memunculkan mitos-mitos hantu atau kesurupan sebagai imbas untuk orang yang memainkannya.

Konon, bila permainan ini diakhiri tanpa melepas atau berpamitan dengan makhluk halus yang masuk ke dalam boneka, makhluk gaib tersebut bisa murka dan dapat membuat masalah untuk para pemanggilnya.

Selain jailangkung yang terkenal di Indonesia, ada sejenis permainan menyeramkan lain yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Dikutip dari laman Wonderlist, Sabtu (18/8/2018), inilah 8 permainan menyeramkan yang katanya bisa mendatangkan hantu. Jangan dicoba!

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan live streaming Asian Games 2018 di bawah ini:

Live Streaming Asian Games 2018

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2PhVVpL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mirip Jailangkung, 8 Permainan Ini Konon Bisa Memanggil Hantu"

Post a Comment

Powered by Blogger.