Search

Bangun Kepercayaan Damai, PBB Evakuasi Puluhan Militan Houthi Cedera

Liputan6.com, Sana'a - Sebuah pesawat PBB segera mengevakuasi para militan Houthi yang terluka dari Yaman, dalam upaya untuk membangun kepercayaan menjelang pembicaraan damai. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh koalisi militer pimpinan Saudi, yang memerangi pemberontak terkait, dalam sebuah pernyataan resmi.

Sebanyak 50 pemberontak tersebut akan diterbangkan dari ibu kota --yang dikuasai pemberontak-- Sana'a untuk dirawat di Oman pada hari Senin.

Dikutip dari BBC pada Senin (3/12/2018), pembicaraan yang disponsori PBB antara pemberontak dan pemerintah yang didukung Saudi diperkirakan akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Perang telah menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia dalam beberapa kali terakhir.

Dalam hampir empat tahun konflik di Yaman, ribuan orang tewas dalam pertempuran, dan jutaan orang telah didorong ke jurang kelaparan.

"Sebuah pesawat yang disewa PBB akan tiba di bandara internasional Sana'a pada hari Senin, untuk mengevakuasi 50 militan yang terluka ... bersama tiga dokter Yaman dan seorang dokter PBB, dari Sana'a ke Muscat," kata seorang juru bicara koalisi,

Dia mengatakan langkah itu merupakan lanjutan dari permintaan oleh utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, yang disetujui sebagai langkah membangun kepercayaan menjelang diskusi perdamaian di Swedia.

PBB telah berusaha menghidupkan kembali pembicaraan antara pemerintah, yang dipimpin oleh Presiden Abdrabbuh Mansour, dan Houthi yang didukung Iran yang telah menguasai sebagian besar wilayah utara.

Pembicaraan damai sebelumnya di Jenewa gagal tercapai pada September lalu, ketika Houthi membatalkan kemunculannya.

Simak video pilihan berikut: 

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan bahwa sekitar 17 juta warga Yaman akan dilanda kelaparan jika dunia tidak segera mengirimkan bantuan humaniter.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Q8rlTr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Kepercayaan Damai, PBB Evakuasi Puluhan Militan Houthi Cedera"

Post a Comment

Powered by Blogger.