Search

KPU Sosialisasi Pemilu 2019 kepada Difabel Intelektual

Liputan6.com, Temanggung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada kalangan difabel intelektual penerima manfaat di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyendang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung.

Menurut anggota KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois, sosialisasi ini bertujuan mengenalkan Pemilu kepada para penerima manfaat di BBRSPDI Temanggung karena mereka juga bagian dari warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih.

"Kami memberikan sosialisasi ini bukan karena mereka orang yang sakit, bukan karena mereka tersisih dari masyarakat, atau bukan karena belas kasihan, melainkan untuk memfasilitasi mereka karena mempunyai hak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019," ujar Henry, seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/12/2018).

Dia menyebut, kesulitan yang dihadapi dalam sosialisasi antara lain karena mereka kurang paham betul mengenai Pemilu, kurang mengenal caleg, dan kurang mengenal calon anggota DPD.

Selain itu, lanjut Henry, penjelasan juga harus selalu diulang-ulang agar mereka bisa paham.

"Kami memfasilitasi mereka untuk bisa didampingi ketika mencoblos karena ada aturan yang membolehkan kaum disabilitas intelektual untuk didampingi dengan memanandatangani C3," paparnya.

Menurut Henry, sosialisasi ini merupakan tahapan awal yaitu sosialisasi umum. Ketika menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019, lanjut dia, pihaknya akan melakukan simulasi dengan surat suara yang dikhususkan untuk simulasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Peringati Hari Disabilitas Internasional, ada pameran karya kreatif kaum difabel di Mal Sumarecon Bekasi, Jawa Barat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2UZ8Sb1

Bagikan Berita Ini

1 Response to "KPU Sosialisasi Pemilu 2019 kepada Difabel Intelektual"


  1. Izin ya admin..:)
    Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 8 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.