Search

Pesan Cinta dari Tradisi Paling Kuno di Papua

Tradisi ini dilakukan melewati beberapa tahapan. Pertama, salah seorang penduduk akan menggali tanah, selanjutnya disebut sebagai kolam.

Lalu, dasar kolam ditata dengan beralaskan daun pisang, di atasnya ditata daging, sayuran dan umbi. Kemudian, bagian atasnya kembali ditutup dengan daun pisang.

Selanjutnya, warga mengambil batu yang dibakar hingga berwarna merah. Batu diturunkan di atas daun pisang sampai merata, hingga seluruh makanan yang dibungkus daun pisang itu matang.

Semua batu yang akan digunakan untuk memasak, dibakar dalam sebuah lubang yang dibuat di tanah. Teknis dalam memasak dengan Upacara Barapen biasanya dilihat dari panas yang sudah diterima oleh batu.

Ketika batu dirasa sudah panas, tumpukan batu akan dibuka sebagian. Lalu semua sayuran dimasukan ke tengah-tengah celah batu yang tadi dibuka dengan daging ditempatkan di tengah-tengah sayuran sebelum celah batu kembali ditutup.

Walaupun dimasak dengan cara yang berbeda dari makanan pada umumnya, makanan yang dimasak dengan cara barapen tetap terasa lezat. Menariknya, lemak daging yang dibakar bersama makanan lain itu pun hilang karena lemaknya terserap ke dalam sayuran.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sebuah suku pedalam di Papua Barat memiliki ritual yang mengerikan. Mereka memakan daging manusia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2TrvUW1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesan Cinta dari Tradisi Paling Kuno di Papua"

Post a Comment

Powered by Blogger.