Search

Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo, Jokowi Harap Kawasan Industri Berkembang

Liputan6.com, Probolinggo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Pintu Gerbang Tol Probolinggo Timur, di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur Rabu (10/4/2019).

Jokowi menginstruksikan operasional Tol Paspro digratiskan bagi pengguna selama sepekan ke depan.

Jokowi menyebut, tol Paspro akan mengurangi kemacetan lalu lintas dari Surabaya ke Probolinggo hingga 40 persen.

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmannirrahim, saya membuka jalan tol Pasuruan-Probolinggo," ucap dia.

Selain itu, waktu tempuh Surabaya-Probolinggo juga akan terpangkas. Biasanya jarak kedua kota ini ditempuh selama 3 jam. Kini dengan adanya tol Paspro, hanya ditempuh 1,5 jam saja.

"Dengan adanya tol ini, kami harapkan terjadi mobilitas barang, mobilitas orang, mobilitas logistik dengan lebih cepat. Dan diharapkan kawasan-kawasan industri, industri kecil, mikro yang ada di daerah-daerah lebih cepat berkembang karena aksesnya lebih mudah," kata Jokowi.

Pria nomor satu di Indonesia itu, juga mengatakan selama masa awal operasional Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo digratiskan.

"Hari ini bisa langsung digunakan. Ya untuk percobaan mungkin digratiskan barang semingu dua minggulah," kata Jokowi.

Tol Paspro memiliki panjang 31,3 kilometer dengan investasi Rp 4,6 triliun. Sepanjang ruas tol tersebut, disiapkan empat rest area tipe B. Masing-masing di sisi kanan dan kiri jalan.

Jarak antar rest area sekitar 7,5 kilometer. Sebelumnya, tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya ini, telah difungsikan saat libur Natal dan tahun baru 2019.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) sebagai pengembang dan kontraktor telah menyelesaikan proyek Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,30 kilometer. 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2IupFip

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo, Jokowi Harap Kawasan Industri Berkembang"

Post a Comment

Powered by Blogger.