Search

Tradisi Assuro Maca dan Bakar Pallang di Makassar Sambut Ramadan

Liputan6.com, Makassar - Masyarakat suku Bugis-Makassar mempunyai satu tradisi tersendiri untuk menyambut bulan suci Ramadan. Tradisi itu adalah Assuro Maca

Assuro Maca adalah ungkapan syukur warga karena masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadan. Assuromaca telah dilakukan oleh warga suku Bugis-Makassar secara turun temurun dari jaman dahulu kala. 

"Itu warisan nenek moyang, bentuk rasa syukur kita karena masih diberi umur panjang dan dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan," kata salah seorang tokoh masyarakat di Makassar, Aan Burhan, kepada Liputan6.com, Senin (6/5/2019).

Dalam kegiatan Assuro Maca, warga akan dipimpin oleh seorang Guru yang dituakan di kampung mereka untuk berdoa dan berterima kasih kepada Yang Maha Kuasa. Warga yang melaksakanak kegiatan ini biasanya akan menyajikan Unti Tekne atau pisang raja dan dupa bakar serta sejumlah makanan untuk dimakan bersama-sama setelah doa selesai dibaca oleh Guru tersebut. 

"Jadi Unti Tekne itu dipercaya sebagai simbol manis agar kita bisa manis dalam kehidupan bertetangga. lalu dupa bakar itu disimbolkan sebagai pengharum agar nama kita selalu harum di masyarakat," jelas warga yang tinggal di Jalan Andi Tonro III, Kelurahan Pabaeng-Baeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu. 

Biasanya, keluarga yang melaksanakan Assuro Maca akan mengundang tetangga, mereka semua duduk bersila di depan makanan yang disajikan sambil menunggu Guru selesai membacakan doa. Doa yang dibaca adalah doa-doa islam untuk mendoakan orang yang melaksakan Assuro Maca beserta seluruh keluarganya.

"Kalau sudah seleasi Guru baca doa, baru kita makan itu lauk pauk bersama-sama. Meski ritual ini merupakan ritual adat, prosesi dalam Assuro Maca masih sangat kental dengan islam," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2V6rTXC

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tradisi Assuro Maca dan Bakar Pallang di Makassar Sambut Ramadan"

Post a Comment

Powered by Blogger.