Search

Johannes Kotjo Mengaku Telah Keluarkan Rp 10 M untuk Proyek PLTU Riau-1

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo mengaku telah menggelontorkan Rp 10 miliar untuk proyek PLTU Riau-1, meski pada akhirnya proyek senilai USD 900 juta itu dihentikan sementara waktu. Proyek itu dihentikan akibat adanya proses hukum yang melibatkan Kotjo dan Eni Maulani Saragih, mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR.

Pengakuan itu ia utarakan saat memberi keterangan sebagai saksi untuk terdakwa Eni Maulani Saragih di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Anda sudah keluarkan berapa dari proyek ini?" tanya hakim Anwar kepada Kotjo, Selasa (18/12/2018).

"Sudah Rp 10 miliar yang mulia," jawab Kotjo.

Ia pun mengaku menyesal jika pemberian uang Rp 4,75 miliar kepada Eni masuk dalam kategori tindak pidana korupsi berupa suap. Dalam kasus ini, Eni bertindak sebagai fasilitator sekaligus penyambung lidah antara pihak Kotjo dengan PLN.

Adanya Eni dalam pusaran suap tersebut sebab Kotjo meminta bantuan Setya Novanto sebagai Ketua DPR atas kesulitannya berkomunikasi dengan pihak PLN untuk mempertanyakan penyediaan listrik di Riau ke dalam rancangan usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL).

Pada 2015 anak perusahaan Blackgold Natural Resources (BNR), Samantaka mengirim surat permohonan proyek pengadaan listrik di Riau ke PLN. Namun tak ada respons.

Kotjo kemudian mengadu ke Novanto yang tak lain adalah teman lamanya. Mendapat keluhan tersebut Novanto kemudian mengutus Eni untuk mengawal Kotjo dalam menggarap proyek di PLN.

"Kalau itu dianggap sebagai suap saya menyesal. Tapi saya itu sering membantu seperti itu," kata Kotjo.

Ia juga menjelaskan, keuntungan sama rata yang dia peroleh dengan Novanto karena Kotjo masih memiliki sumber keuntungan lainnya dari proyek PLTU Riau-1, yakni kepemilikan saham Blackgold Natural Resources (BNR). Perusahaan itu merupakan perusahaan yang turut serta dalam proyek tersebut.

"Untuk Anda fee agency USD 6 juta, Pak SN juga USD 6 juta, kok sama besar?" tanya jaksa kepada Kotjo.

"Sebenarnya saya lebih dari itu, karena saya punya saham di Blackgold harga saham pasti naik otomatis saya dapat lebih dari USD 6 juta. Saya keuntungannya dua, dari USD 6 juta (fee agency) itu plus harga saham yang diprediksi akan naik jadi saya sebenarnya saya dapat banyak," jawab Kotjo.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2A7k7oK

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Johannes Kotjo Mengaku Telah Keluarkan Rp 10 M untuk Proyek PLTU Riau-1"

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk mainkan permainan POKER No ROBOT 100% silahkan langsung saja merapat dan bermain POKER bersama kami di ARENADOMINO ditunggu ya gan.. :) WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.