Search

Nasu Cemba Enrekang, Menu Berbuka Puasa yang Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Enrekang - Setiap orang yang berpuasa biasanya disarankan berbuka puasa dengan menu makanan yang memiliki rasa manis agar dapat memulihkan staminanya.

Namun berbeda di Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebagian masyarakat biasanya berburu kuliner khas leluhur yang memiliki rasa khas seperti rasa masam dan gurih. Hal itu pun diyakini juga dapat memulihkan kembali stamina usai berpuasa.

Rizal (34), warga Kabupaten Enrekang, Sulsel misalnya. Ia mengungkapkan jika ingin memulihkan staminanya usai berpuasa, biasanya ia menyantap kuliner khas daerahnya yang bernama Nasu Cemba sebagai menu berbuka puasa.

"Mirip dengan Konro khas Makassar. Tapi yang ini kuahnya sedikit masam dan gurih. Kalau sudah mencobanya, pasti ketagihan deh," kata Rizal, Senin (13/5/2019).

Meski demikian, ia menyarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol untuk tidak menyantap nasu cemba khas Duri, Kabupaten Enrekang itu dengan takaran yang berlebihan. Karena menu pokok Nasu Cemba berasal dari daging yang masih melekat pada tulang iga sapi.

"Tapi jangan khawatir karena ada rasa masamnya sebagai penyeimbang yang berasal dari daun cemba yang dicampur di dalam kuah Nasu Cemba," ujar Rizal.

Ia mengaku ketika berbuka puasa jarang menyantap makanan yang manis-manis. Karena lidahnya hampir sama dengan masyarakat Sulsel pada umumnya. Di mana senang mencicipi kuliner yang rasanya masam dan gurih.

"Iya kalau sudah makan Nasu Cemba kayak tenaga kembali. Tapi tetap jangan banyak apalagi untuk berbuka puasa takut perutnya bisa kaget," kata Rizal.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2VA2Sco

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nasu Cemba Enrekang, Menu Berbuka Puasa yang Bikin Ketagihan"

Post a Comment

Powered by Blogger.